Usai Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO, Mendag Lutfi Garap Program MigorRakyat

by -4,253 views
lutfi
Muhammad Lutfi.

JAKARTA, KOMA.ID – Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi memutuskan mencabut Permendag Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil (CPO).

“Sesuai arahan Bapak Presiden, ekspor CPO dan turunannya akan mulai dibuka kembali tanggal 23 Mei 2022 yang akan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan,” kata Lutfi dalam keterangan pers, Jumat (20/5).

Bersamaan dengan itu, Mendag juga resmi merilis program MigorRakyat guna memperluas akses penjualan minyak goreng bagi masyarakat.

Nantinya, kata Lutfi, pihaknya juga akan menggandeng Kementerian BUMN serta para pelaku usaha dalam implementasi program tersebut.

“Program ini dalam implementasinya akan menggunakan aplikasi digital dan tersinkronisasi secara nasional,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag memaparkan, program MigorRakyat ini memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk membeli minyak goreng curah 1 sampai 2 liter per hari, dengan syarat menunjukkan KTP.

Hingga kini, program MigorRakyat sudah tersedia di lebih dari 2.000 titik dan dalam waktu dekat akan menjangkau hingga 10.000 titik.

Lutfi pun mengaku bahagia karena berkat usaha dari semua pihak, pasokan minyak goreng semakin berlimpah dan harga minyak goreng dalam negeri berangsur turun di tengah melonjaknya harga CPO global.

Kendati demikian, ia mengingatkan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga momentum ini.

“Oleh karena itu saya mengimbau seluruh pihak untuk mengikuti aturan yang berlaku demi kemaslahatan seluruh masyarakat Indonesia. Prioritas utama pemerintah akan selalu tentang kepentingan rakyat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.