Sisi Gelap Tempo di Industri Media Besar, Kental Transaksional

by -18 views

Jakarta – Industrialisasi perkembangan media telah menciptakan ruang terhadap praktik pemberitaan transaksional khususnya terkait Pilpres 2024.

Pandangan ini ditegaskan oleh akademisi Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Dr. Yusa Juyandi dalam seminar bertopik Netralitas media dan arus informasi pemilu 2024.

Dennis Maquell : di tengah adanya suatu proses industrialisasi di mana kemudian media membutuhkan ada yang modal maka di situ terletak. kelemahan media, kenapa?

Karena kemudian para politisi atau para pemilik media yang dia memiliki suatu keinginan untuk masuk dalam dunia politik akhirnya memanfaatkan media atau industri media sebagai corong daripada kekuasaannya.

Tempo merupakan bagian dari industri media besar sehingga berpeluang menjadi saluran informasi dengan tujuan menguntungkan pihak atau kelompok tertentu.

Kekuatan tempo terletak pada kehendak untuk memberitakan atau tidak memberitakan suatu topik pembahasan dengan sebaran informasi sangat luas.

Dalam hal ini tempo diduga menerima aliran uang miliaran rupiah dari utusan TPN Ganjar Mahfud agar tidak membahas rekam jejak buruk pasangan capres yang diusung PDIP.

Di sisi lain, redaksi pemberitaan tempo terus-menerus menyudutkan pasangan capres lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.